Satu Hari Sebelum Kontrak Apple Developer-ku Mati

Pontianak

Salah satu email di akhir bulan ini mengkhawatirkan-ku "Your Apple Developer Program will expire in 15 days". Tiba tiba aku khawatir, pada tepat-nya tanggal 19 Desember 2023. Aku merasa gak fair yang harus ku hadapi saat ini dengan aplikasi yang ku kembangkan berbulan bulan, apalagi Kurva termasuk aplikasi visual library yang ku kembangkan dengan teliti dan proses-nya lama, lepas begitu saja,

Aku selalu merasa dengan Apple seperti jaminan aku sebagai pengusaha internet. Kini aku tidak bisa menutupi modal-ku untuk memperpanjang kontrak ku sebagai Apple Developer.

Apple punya aturan untuk pengembang membeli lisensi Apple Developer Program sebesar $99 per tahun untuk mendistribusikan aplikasi-nya. Itu berstatus kontrak individual.

Puluhan pertanyaan menghantui ku, aku harus mencari jalan lain, ini ikhtiar ku selama ini.

Selama aku menjadi Apple Developer, aku berasumsi melihat banyak potensi di sini, jutaan miliaran pengguna iPhone di seluruh penjuru dunia terutama di kalangan negara maju, bisa jadi mesin uang ku selama setahun, penentu-nya dalam setahun, kalau gak dalam setahun aku gak mampu perpanjang kontrak, berarti aku harus lepas.

Apalagi aku sudah menikmati penghasilan nya langsung, ditransfer sama Apple setiap awal bulan selanjutnya dari penghasilan bulan sebelumnya. Aku benar benar patuh dengan kebijakan, standar dari yang diwajibkan Apple selama menjadi pengembang. Ini penting, demi perhatian nya ke kualitas.

Selama ini aku masih bekerja sendiri untuk pengerjaan aplikasi iOS. Walaupun pengguna iPhone tumbuh terus, tapi secara lingkungan pengembangan aplikasi iOS masih langka, ini juga termasuk faktor kenapa aku konsisten di sini, menurut ku ini spesial dan akan banyak dicari dari beragam industri.

Mengembangkan aplikasi iOS termasuk ilmu yang dicari, Apple bisa membangun ekosistem sendiri untuk pemograman, dengan bahasa Swift yang terus berkembang, API-nya yang terus bertambah dan semakin mudah, apalagi sebentar lagi masuk era-nya Apple Vision Pro. Aku semakin ingin fokus di "skill" ini. Sayangnya gak bisa ku buktikan lagi di App Store

Tapi gak apa apa, aku bisa ambil positif-nya. Pertama kamu gak harus perpanjang lagi sebelum deadline kontrak Apple habis, kamu bisa perpanjang kapan saja, semoga tahun dapat bisa, mungkin ada Investor yang tertarik potensi ini, langsung japri ya, walau aplikasi ku akan ditarik dari App Store tapi ketika kontrak itu kembali aktif lagi aplikasi ku akan rilis kembali otomatis di App Store.

Kedua, aku masih bisa eksplor dan eksperimen terus, seperti adaptasi SwiftUI dan Machine Learning di iOS, bahkan aku ingin share lebih banyak ilmu ilmu-nya di blog.

Ketiga, aku sudah punya fondasi mengembangkan aplikasi di ekosistem Apple, pengalaman ku suatu saat bisa bermanfaat untuk waktu ke depan.

Masih banyak PR dan terobosan baru dari Apple yang pengen ku racik di karya ku selanjutnya. Walaupun kontrak sementara belum bisa diperpanjang, itu tidak akan mematahkan semangat ku tetap ber-kreasi.

Referensi:

Apple Developer Program

🙏🙏🙏

Thanks for reads, hope you enjoyed it, sharing this article on your favorite social media network would be highly appreciated 💖! Sawernya juga boleh

Published